Transit Oriented Development Property

Masterplan transportasi Jakarta dan kota-kota besar sekitarnya sedang berbenah, telat memang mengingat kota-kota besar lain di dunia sudah memiliki sistem transportasi yang jauh lebih maju.

Namun jika tidak dilakukan sekarang akibatnya akan fatal, mengingat pertumbuhan penduduk dan urbanisasi di kota-kota besar Indonesia tumbuh pesat terutama di ibukota.

Sekarang-pun kita sudah menyaksikan atau mungkin mengalami sendiri betapa menyusahkannya kemacetan yang terjadi di kota-kota besar Indonesia.

Ke depannya, pemerintah akan menggalakkan mass transportation sebagai pilihan utama masyarakat.

Saat ini MRT sedang dibangun di beberapa titik dan perubahan wajah transportasi umum seperti Bus mulai terlihat.

Untuk itu nantinya pilihan bertempat tinggal pun akan mengalami perubahan trend, hunian yang akan menjadi incaran adalah hunian yang dekat dengan stasiun ataupun terminal bus.

Di Singapura kita bisa melihat properti-properti yang dibangun berdekatan dengan MRT biasanya memiliki value yang jauh lebih tinggi. Rate hotel misalnya hotel yang dekat dengan jalur MRT memiliki rate yang lebih tinggi dibanding yang berjauhan.

Ke depannya diprediksi di Indonesia development yang dilakukan adalah based on nearest transit area atau dinamakan Transit Oriented Development.


No comments:

Post a Comment