Pembayaran tunai bertahap dominasi pembelian properti di 2018

Dilansir dari data yang ada di developer, sebagian besar konsumen pembeli properti menggunakan cara bayar bertahap ke developer dalam perencanaan financingnya.

Alasan konsumen adalah bunga yang relatif lebih rendah, tidak ada biaya tambahan lain-lain, serta tanpa syarat.

Pun begitu properti yang dibeli sebagian besar didominasi oleh hunian vertikal atau apartemen dengan harga 1 Milyar rupiah ke bawah.

Selain cara bayar cash bertahap, kebanyakan konsumen membeli dengan cara KPA ( Kredit Pemilikan Apartemen ) dengan kombinasi cicilan down payment yang disediakan developer.

Saat ini memang konsumen dimanjakan dengan pilihan cara bayar yang bervariasi dan sangat ringan, bayangkan saja untuk membeli 1 unit apartemen seharga 300 jutaan rupiah konsumen cukup menyiapkan dana sekitar 3 juta-an saja per bulannya untuk cicilan down payment dan 2 juta-an untuk cicilan ke Bank nantinya.

Cara bayar ini paling banyak dilirik oleh kaum milenial yang kebanyakan baru membeli properti pertama kali. Yang mereka senang adalah cashflow yang ada tidak terganggu, cukup katakan menyisahkan seratus ribu rupiah saja per harinya, maka mereka bisa membeli properti.


No comments:

Post a Comment